Perut menjadi Kembung Akibat Konsumsi Ini

mengobati perut kembung setelah makan

Salah satu penyebab perut kembung biasanya karena mengkonsumsi makanan tertentu, maka sebaiknya anda mengetahui jenis makanan tersebut sehingga bisa mencegah terjadinya kembung pada perut anda, ada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan perut kembung.

Penyebab Perut Sering Kembung dan Begah

  • Kacang

Kacang mengandung gula kompleks yang disebut dengan rafinosa dalam jumlah yang tinggi, sehingga kacang sulit dihancurkan didalam tubuh, kacang juga mengandung serat yang cukup tinggi. Mengkonsumsi makanan yang tinggi serat juga bisa meningkatkan gas didalam perut meskipun kadarnya berbeda–beda.

  • Bawang

Makanan tanpa dilengkapi dengan bawang mungkin akan terasa kurang sedap, oleh karena itu bawang merupakan bumbu atau pelengkap yang selalu digunakan untuk setiap masakan. Bawang mengandung fruktosa serta dapat menghasilkan gas, jadi setelah makan bawang maka dapat menyebabkan bau. Namun jangan khawatir, mengkonsumsi bawang bukanlah hal yang tidak baik, selama anda mengkonsumsinya secara tidak berlebihan, kembung akibat bawang tidak akan terjadi.

  • Soda

Ketika seseorang mengkonsumsi minuman bersoda maka ia mengkonsumsi gas dalam jumlah yang berlebih, hal ini ditandai dengan seringnya seseorang bersendawa setelah mengkonsumi minuman bersoda. Beberapa kasus juga membuat anda yang mengkonsumsi soda akan mengalami kembung akibat gas yang terperangkap dalam usus.

Baca juga : Penyebab Periode Menstruasi Terlalu Cepat

  • Makanan Berlemak

Makanan yang mengandung lemak akan membutuhkan waktu yang lama ketika dicerna oleh usus, keadaan ini juga akan menimbulkan terjadinya kembung di perut anda.

Anda tak perlu khawatir jika tidak bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman diatas. anda tetap bisa mengkonsumsinya tanpa menimbulkan kembung dengan memperhatikan beberapa tips berikut. Untuk kacang-kacangan, anda bisa merendamnya terlebih dahulu sebelum memasaknya,  hal ini dapat mengurangai efek kembung. Pastikan anda juga mengurangi konsumsi minuman bersoda serta jangan makan terlalu cepat. Hal ini akan mempengaruhi gas yang masuk kedalam tubuh.

Terakhir, anda juga sebaiknya bergerak secara aktif atau berolahraga secara teratur untuk membantu gas dalam perut bergerak atau keluar dengan cepat, sehingga kembung dapat terhindarkan. Cara lain yang bisa anda lakukan yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang dapat mengurangi kembung, beberapa diantaranya seperti daging tanpa lemak, teh chamomile, telur, ikan, sayuran, dan buah-buahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *