Pilihan Olahraga yang Cocok Untuk Pasien Diabetes

olahraga yang cepat menurunkan gula darah

Olahraga merupakan kegiatan yang harus dilakukan setiap orang karena tentu dapat menyehatkan tubuh. Termasuk bagi Pasien diabetes, lalu apa saja manfaat dan jenis olahraga apa yang baik bagi pasien diabetes? Bagi pasien diabetes, olahraga memiliki beberapa manfaat. Seperti meningkatkan energi dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak, lalu olahraga apa aja sih yang baik bagi pasien diabetes?

Olahraga Terbaik Bagi Penderita Diabetes

  • Bersepeda

Memerangi diabetes dapat dilakukan dengan cara yang sederhana dan praktis, yaitu dengan cara bersepeda. Bersepeda 30 menit setiap hari dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu juga terdapat manfaat lain, yaitu meningkatkan detak jantung dan menurunkan berat badan.

  • Yoga

penelitian menunjukkan bahwa yoga memiliki banyak manfaat bagi pasien penderita diabetes, karena dapat melawan resistensi insulin hingga dapat meningkatkan fungsi saraf. Yoga juga bisa meningkatkan keseimbangan gerakan, pose dan fokus pada pernapasan, serta dapat mengurangi stres dan membantu membangun otot.

  • Aerobik

Aerobik dapat membantu tubuh untuk menggunakan insulin dengan lebih baik. Hal ini dapat membuat jantung dan tulang menjadi lebih kuat dan sekaligus meredakan stres, meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan glukosa darah, dan kadar kolesterol. Waktu terbaik untuk aerobik sebaiknya 30 menit setiap harinya, dan dilakukan 5 kali dalam seminggu.

  • Taichi

Jenis olahraga yang berasal dari china ini merupakan olahraga yang menggunakan gerakan tubuh yang lambat serta halus untuk menenangkan pikiran dan tubuh. Penelitian yang dilakukan di University of Florida terhadap 62 perempuan untuk melakukan taichi setiap hari secara rutin menunjukkan perbaikan signifikan dalam mengendalikan kadar gula mereka.

Baca juga : Gejala Penyakit Endometriosis, Penyebab, dan Cara Mengobati Endometriosis

  • Menari atau Berdansa

Kegiatan ini tidak hanya bagus untuk tubuh, tapi bagus juga untuk kesehatan. Bagi pasien diabetes, kegiatan menari atau berdansa dapat meningkatkan aktifitas fisik dan menurunkan kadar gula darah. Kegiatan ini dilakukan selama 30 menit dan dapat membakar hingga 150 kalori.

  • Latihan Kekuatan atau Ketahanan

Latihan ini dapat berguna menurunkan kadar gula darah serta meningkatkan sensivitas insulin. Beberapa contoh latihan kekuatan atau ketahanan seperti mengangkat beban, push up, dan sit up. Olahraga jenis ini juga akan membuat tulang dan otot menjadi lebih kuat serta mencegah osteoporosis.

Itulah beberapa jenis olahraga yang baik dilakukan untuk pederita diabetes. Lakukan olahraga diatas dengan teratur maka penyakit diabetes akan lebih mudah sembuh dibandingkan hanya mengkonsumsi obat generik dari dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *