Resiko Duduk Terlalu Lama Terhadap Kesehatan Tubuh

akibat duduk terlalu lama didepan komputer

Faktanya bahwa kita harus lebih banyak bergerak atau beraktifitas daripada duduk untuk menghindari resiko terserang penyakit. Sebaiknya waktu duduk harus dikurangi dan cobalah untuk berolahraga secara rutin setidaknya selama 150 menit dalam seminggu. Sebuah studi menunjukkan bahwa terlalu banyak duduk memang akan mengakibatkan resiko mengalami obesitas atau diabetes tipe 2 dan bahkan beberapa jenis kanker dan kematian dini.

Duduk yang terlalu lama juga dapat memperlambat metabolisme tubuh karena akan mempengaruhi kemampuan tubuh dalam mengatur gula darah, tekanan darah, serta mengatur lemak dalam tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga selama 60 menit setiap harinya dapat mengurangi efek buruk dari duduk yang terlalu lama.

Dampak Buruk Duduk Terlalu Lama

  • Tidak Baik Bagi Jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa duduk yang terlalu lama mengakibatkan resiko mengalami serangan jantung 2 kali lipat dibandingkan orang yang lebih banyak bergerak sepanjang harinya.

  • Resiko Obesitas

Semakin lama duduk, maka kalori yang akan terbakar akan semakin sedikit, hal ini mengakibatkan tubuh akan mengalami obesitas. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang menderita obesitas ternyata memiliki waktu duduk 2 jam lebih lama dari orang yang kurus.

  • Memicu Penyakit Serius

Duduk terlalu lama atau tidak bergerak secara aktif untuk waktu yang lama dapat menjadi pemicu beberapa penyakit, bahkan lebih dari 30 penyakit. Salah satunya adalah diabetes tipe 2, kondisi ini juga dapat memicu penyakit jantung yang cukup tinggi bagi orang-orang yang sebelumnya sudah memiliki resiko penyakit jantung.

  • Memicu Varises

Ternyata duduk yang terlalu lama dapat membuat darah akan mengumpul di kaki. Hal ini dapat menyebabkan tekanan di pembuluh darah di kaki anda akan meningkat. Kondisi ini memang tidak terlalu serius, namun bila berlangsung terus menerus akan menyebabkan penyakit varises.

Baca juga : Penyebab dan Akibat Buruk PTSD (Post Traumatic Stress Disorder)

  • Osteoporosis

Kurangnya melakukan aktifitas atau bergerak mungkin akan menyebabkan lebih rentan terkena penyakit osteoporosis, karena gerak tulang lebih pasif dibandingkan seseorang yang melakukan banyak gerakan setiap harinya.

  • Meningkatkan Resiko Kanker

Sebuah studi menunjukkan bahwa duduk terlalu lama akan meningkatkan resiko dari beberapa penyakit kanker, diantaranya yaitu kanker paru-paru, kanker uterus hingga kanker usus besar.

  • Meningkatkan Resiko Sakit Punggung

Mungkin banyak dari anda yang duduk dengan posisi menmbungkuk atau tidak tegak, dan ini yang menjadi masalah. Untuk seseorang yang bekerja di kantor, sebaiknya setiap 30 menit hingga 1 jam duduk, anda bangun dari tempat duduk dan lakukan beberapa aktifitas tertentu,  anda juga bisa berjalan selama beberapa menit di sekitar meja kerja anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *