Sahur Dengan Makanan Yang Tepat di Bulan Suci Ramadhan

makanan sahur agar kuat puasa

Seperti yang kita ketahui, puasa dari subuh hingga sore menjelang malam dilakukan oleh umat muslim pada bulan suci Ramadhan, dengan tidak mengkonsumsi makanan dan minuman demi mempersiapkan diri untuk puasa. Tetapi kita biasanya makan dan minum terlebih dahulu sebelum waktu puasa dimulai atau lebih dikenal dengan sebutan sahur. Lalu apa yang harus kita konsumsi saat sahur untuk meringankan puasa?

Sahur biasanya dilakukan dengan tujuan membuat tubuh menjadi kenyang lebih lama agar mencukupi rasa lapar, mencukupi kebutuhan nutrisi yang seimbang, dan mencegah dehidrasi selama seharian beraktivitas.

Kandungan Makanan Terbaik saat Sahur

  • Gandum

Menurut para ahli, gandum utuh membantu tubuh agar tetap merasa kenyang lebih lama, karena gandum utuh mempunyai banyak manfaat kesehatan dan mengandung karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu cukup lama untuk dicerna, dengan begitu kalori dapat diserap secara perlahan dan memberikan energi yang dilepaskan secara lambat sepanjang hari selama berpuasa.

  • Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran juga dianjurkan untuk menyediakan kebutuhan vitamin dan mineral, terlebih lagi serat yang terdapat di dalamnya juga dapat memperlambat pencernaan dan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Sebaliknya, makanan atau minuman olahan ataupun bergula dapat melepaskan kalori secara cepat dan membuat kita lapar lebih cepat, sehingga kita akan lebih mudah lelah.

  • Protein

Berlawanan dengan gula yang dicerna relatif cepat, protein merupakan molekul yang jauh lebih kompleks. Proses pemecahan ikatan kimia pada struktur protein menjadi asam amino membutuhkan waktu lebih lama, sehingga makanan berprotein membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna, hal ini juga dapat menjadikan protein sebagai sumber energi yang tahan lama. Itulah sebab atlet kompetitif dan binaragawan biasanya mengonsumsi banyak protein dari daging.

Daging yang mengandung lemak dapat memperlambat pencernaan karena lemak tidak dapat menyatu dengan air dan menyulitkan sistem pencernaan yang kebanyakan bekerja dengan basis air.

Baca juga : Penyebab dan Gejala Rematik pada Tubuh

  • Lemak

Pencernaan lemak berlangsung lebih lama daripada karbohidrat dan protein. Sumber lemak paling baik didapat dari lemak makanan utuh seperti lemak hewani, alpukat atau kacang-kacangan, dan bukan dari gorengan ataupun makanan olahan.

Makanan yang Harus Dihindari Selama Sahur

  • Makanan yang Terlalu Pedas

Makanan pedas dapat menimbulkan masalah pencernaan seperti maag atau diare, makanan yang terlalu asin juga lebih baik dihindari karena akan menarik air keluar dari sel-sel tubuh sehingga menyebabkan dehidrasi dalam tingkat sel, dan membuat kita lebih cepat merasa haus.

  • Teh dan Kopi

kafein dalam teh dan kopi mempunyai efek Diuretik serta meningkatkan produksi urin yang berujung dehidrasi tubuh, jadi minimum ini sebaiknya jangan dikonsumsi saat sahur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *