Tips Mengatasi Cegukan secara Alami pada Bayi dan Orang Dewasa

Cegukan Bisa Diatasi dengan Mengatur Pernafasan

Cegukan merupakan sebuah kondisi ketika kita mengeluarkan bunyi ‘hek’ dan tubuh melakukan refleks mengangkat bahu seperti terkejut. Dalam istilah medis sendiri, cegukan juga disebut dengan singultus. Hal ini terjadi karena diafragma kejang sehingga menyebabkan napas bisa berhenti secara tiba-tiba dan pita suara tertutup sehingga sering terdengar bunyi ‘hek’ saat cegukan. Cegukan biasa terjadi dalam waktu yang singkat, tapi bisa juga terjadi hingga 48 jam. Oleh karena itu kita harus mengetahui cara menyembuhkan cegukan berkepanjangan karena masalah tersebut merupakan sesuatu yang langka.

Penyebab Cegukan dan Obatnya

Cegukan tidak terjadi begitu saja, melainkan terjadi akibat beberapa faktor yang bisa mempengaruhinya. Pada kasus orang dewasa, makan terlalu banyak dan dalam tempo yang cepat bisa membuat cegukan. Apalagi jika saat makan terlalu banyak udara yang masuk melalui mulut. Faktor luar yang bisa menjadi penyebab cegukan adalah perubahan suhu perut yang tiba-tiba. Misalnya Anda baru saja mengkonsumsi makanan panas lalu minum air dingin, maka cegukan bisa saja terjadi.

Obat cegukan diperlukan jika cegukan terjadi secara terus menerus dan tidak bisa diatasi dengan cara tradisional. Dokter biasanya memberikan obat jenis Haloperidol, Metoclopramide, Chlopromazine, atau Gabapentin untuk menghentikan cegukan. Tapi cara menghilangkan cegukan dengan cepat bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti minum air dingin sedikit demi sedikit, menggigit lemon, hingga melakukan stretching dan melakukan pernafasan.

Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

Tapi jika cegukan terjadi pada bayi, maka diperlukan penanganan khusus agar cegukan bisa segera hilang. Kami tidak merekomendasikan untuk memberikan obat medis pada bayi karena ada efek samping obat yang bisa mengganggu kesehatan sang buah hati. Untuk mengatasi cegukan pada bayi bisa dilakukan dengan 5 cara di bawah ini.

  1. Beri ASI

Saat bayi mengalami cegukan, Anda bisa memberikan ASI agar bayi melakukan gerakan pada rongga kerongkongan dan pernafasan. Lakukan dengan hati-hati agar bayi tidak tersedak atau kesusahan dalam bernafas.

  1. Atur Posisi

Pada bayi berusia lebih dari 4 bulan, maka Anda bisa mengatur posisi bayi sedikit lebih tegak agar mendapatkan asupan udara yang cukup. Cara tersebut bisa membuat bayi bersendawa dan cegukan pun hilang seketika. Jika bayi sudah bisa berbaring maka Anda bisa membuatnya berbaring sambil mengelus-elus bagian punggung bayi.

  1. Bawa ke Tempat Hangat

Jika Anda menggunakan pendingin ruangan, bawa bayi ke ruangan yang memiliki suhu hangat. Perubahan suhu ruangan bisa memberikan hawa yang berbeda pada bayi sehingga cegukan bisa hilang.

  1. Beri Sesuatu untuk Dihisap

Cara lain untuk mengatasi cegukan pada bayi adalah dengan memberikan sesuatu untuk dihisap, seperti dot, teether, ataupun mainan oral lain. Cara tersebut akan membuat bayi terdistraksi karena bayi melakukan gerakan mulut yang membuat pernafasan menjadi lebih lega.

  1. Gendong Bayi

Jika cegukan terjadi saat bayi sedang tidur terlentang, coba gendong bayi agar memiliki posisi yang baru. Menggendong bayi dengan posisi tegak atau semi duduk juga bisa membantu menghilangkan cegukan.

Itulah kelima cara menghilangkan cegukan pada bayi dan orang dewasa. Cegukan sendiri bukan masalah serius yang bisa mengganggu kesehatan sehingga Anda tidak perlu khawatir jika terjadi cegukan. Lebih baik gunakan metode alami dan tradisional untuk mengatasi cegukan. Namun jika terjadi selama lebih dari 48 jam, maka Anda wajib berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *