Tips Mengatasi Insomnia dengan Cara yang Alami dan Efektif

Tidur merupakan sebuah cara bagi tubuh kita untuk beristirahat. Ini adalah mekanisme alami dimana saraf pusat dan saraf sensorik akan berhenti sehingga saat kita tidur tidak banyak gerakan yang dilakukan oleh tubuh kita. Dengan demikian seluruh organ di dalam tubuh bisa beristirahat dan memperbaiki diri sebelum akhirnya akan kembali bekerja saat kita terjaga. Fakta pun menunjukkan bahwa hampir sepertiga dari hidup manusia dihabiskan untuk tidur. Jadi bisa dikatakan pula bahwa tidur merupakan kebutuhan dan kebiasaan hidup umat mausia. Sedangkan jika manusia kurang tidur maka akan terjadi beberapa akibat yang muncul seperti halusinasi, mudah marah, dan penurunan kognitif.

Insomnia Merupakan Gangguan Sulit Tidur

Keadaan dimana sulit tidur atau insomnia memang bisa menimbulkan beberapa akibat lain yang mengganggu kesehatan. Sakit nyeri, berkurangnya akurasi dan reaksi, resiko diabetes hingga gangguan moral bisa terjadi saat orang mengalami kesulitan tidur. Jadi sebelum kita terkena dampak negatif dari insomnia, ada baiknya untuk mengetahui tanda tanda insomnia sehingga kita bisa mencari solusi untuk mencukupi kebutuhan istirahat harian kita. Studi menunjukkan bahwa hampir 27% pasien insomnia terjadi pada perempuan karena mereka lebih rentan terhadap rasa khawatir yang berujung pada depresi. Sebagai akibatnya perempuan sering merasakan sulit untuk tidur di malam hari.

Tanda gejala insomnia sebenarnya tidak melulu soal sulit tidur di malam hari. Biasanya masalah ini juga diikuti oleh masalah yang berkaitan dengan saraf motorik kita seperti sulit fokus dan kehilangan kreativitas. Tubuh juga mudah lelah sepanjang waktu karena minimnya waktu istirahat yang diraih. Selain itu, rasa kantuk di siang hari dan menguap terus menerus juga bisa menjadi pertanda bahwa kita tidak memiliki kualitas tidur yang baik.

Penyebab Insomnia dan Solusinya

Jika akhir-akhir ini Anda merasa kusulitan tidur di malam hari, maka Anda harus segera menghentikan kebiasaan ini demi kesehatan. Ketahui beberapa penyebab insomnia dan solusinya sehingga Anda bisa segera menghentikan masalah ini.

  1. Stress

Fakta menunjukkan bahwa stress membuat kita sulit untuk tidur. Tidak hanya itu saja, orang yang stress dan banyak pikiran pun sering tidak nyenyak dan sering terbangun di tengah tidurnya. Raga Anda mungkin tergeletak di atas kasur, tapi pikiran Anda melayang entah kemana dan memikirkan hal random yang membuat otak tetap aktif sehingga Anda sulit untuk tidur. Rasa khawatir dan rasa cemas yang berlebihan pun kerap membuat seseorang sulit untuk memejamkan mata di malam hari.

  1. Kebiasaan Begadang

Jika berkaca pada salah satu lagu milik Rhoma Irama, kita dilarang untuk begadang jika memang tidak ada tujuan. Meskipun terlihat aneh, tapi lirik lagu tersebut ada benarnya. Kebiasaan buruk untuk begadang hingga larut malam bisa merusak tubuh kita. Sekali saja kita mengubah pola tidur, maka kita akan sulit untuk mengembalikan pola tidur normal seperti biasa. Tidak ada cara lain untuk mengatasi masalah ini selain menghentikan kebiasaan tersebut. Begadang di malam hari juga bisa meningkatkan resiko penyakit paru paru karena angin malam bisa membahayakan kesehatan.

  1. Kafein

Kopi sering digunakan sebagai ‘jamu’ untuk membuat kita terjaga di malam hari saat begadang. Ini karena kopi mengandung kafein yang cukup tinggi. Kafein sendiri merupakan sejenis senyawa yang terkandung pada kopi. Semakin tinggi kadar kafein, semakin besar pula kemungkinan Anda untuk sulit tidur karena senyawa tersebut membuat otak menjadi lebih aktif. Selain kafein, nikotin dan juga alkohol juga bisa mempengaruhi otak kita sehingga kita sulit untuk tidur dengan nyenyak.

  1. Makan Larut Malam

Ada anjuran yang melarang kita untuk mengkonsumsi makanan berat setelah jam 5 sore. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencerna makanan berat yang kita konsumsi. Bayangkan saja jika Anda mengkonsumsi makanan berat jam 9 malam, maka sistem pencernaan membutuhkan proses yang lama sehingga tubuh tidak nyaman secara fisik saat berbaring dan memperbesar resiko insomnia.

  1. Kondisi Medis

Meskipun faktor ini memiliki kemungkinan yang sangat kecil, tapi beberapa penderita insomnia harus sengsara karena disebabkan oleh faktor medis yang mereka miliki. Pasien penderita sakit kronis, GERD, ataupun masalah ginjal yang menyebabkan frekuensi air kencing meningkat saat malam bisa menjadi penyebab insomnia.

Obat Penyakit Insomnia dan Metode Pengobatan di Rumah

Insomnia sendiri bukanlah masalah medis, melainkan sebuah gangguan yang disebabkan karena faktor kebiasaan. Tidak ada obat khusus yang bisa menyembuhkan insomnia, yang ada hanyalah perawatan untuk membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang cukup.

  • Ubah Kebiasaan

Mulailah untuk mengubah kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi kafein, nikotin, ataupun alcohol yang bisa menyebabkan gangguan tidur. Ini merupakan tahap awal untuk mencegah terjadinya kebiasaan buruk yang membahayakan kesehatan.

  • Jadwal Tidur Teratur

Cara selanjutnya adalah dengan memiliki jadwal tidur yang teratur. Tentukan waktu tidur dan Anda harus konsisten dengan jadwal tersebut. Minimalisir gangguan kecil yang sering membuat kita sulit tidur seperti berselancar di media sosial.

  • Olahraga Teratur

Rutin melakukan olahraga juga akan membantu memperbaiki metabolism tubuh. Olahraga akan membuat tubuh terasa lelah sehingga Anda mudah untuk tidur di malam hari. Mulailah merencanakan waktu untuk olahraga setiap minggu.

Pada dasarnya, insomnia memang bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat tidur. Namun dampak buruk ketergantungan obat tidur justru bisa menimbulkan masalah kesehatan baru yang mengancam tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *