Tips Mengatasi Radang Tenggorokan secara Alami untuk Anak dan Orang Dewasa

Obat Radang Tenggorokan Alami Bisa Mengatasi Gejala Radang Tenggorokan

Sakit tenggorokan merupakan sebuah gejala yang umum terjadi jika seseorang terkena virus influenza. Sakit pada tenggorokan pun menyebabkan beberapa hal yang cukup mengganggu, seperti suara menjadi serak, sulit dan merasa sakit saat menelan makanan atau minum air, dan juga rasa panas dan kurang nyaman yang mengganggu aktivitas sehar-hari. Pada kasus lain, sakit tenggorokan juga bisa terjadi akibat adanya peradangan pada area tersebut. Penyebab radang tenggorokan sendiri biasanya akibat virus ataupun bakteri yang menyerang saat daya tahan tubuh kita sedang menurun. Meski tidak terlalu bahaya dan tidak berpotensi menyebabkan penyakit serius, tapi radang tenggorokan harus segera diobati agar tidak mengganggu kesehatan Anda.

Radang tenggorokan sendiri bisa terjadi pada siapa saja, baik orang dewasa ataupun anak-anak. Pada kasus anak biasanya radang tenggorokan terjadi akibat anak mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung bakteri sehingga terjadi peradangan pada saluran yang menghubungkan hidung atau mulut dengan esofagus. Rasa sakit pada tenggorokan anak juga bisa menjadi indikasi ada masalah serius pada tonsilitis, yakni radang amandel. Sedangkan radang tenggorokan pada anak umumnya terjadi selama beberapa hari dan akan hilang sendiri. Anda harus bisa membedakan kedua jenis gangguan kesehatan ini karena penanganan dan perawatannya juga berbeda. Gejala sakit amandel biasanya ditandai dengan ukuran tonsil yang membesar akibat pembengkakan.

Obat Radang Tenggorokan Alami

Jika Anda mulai mengalami gejala seperti rasa sakit saat menelan, amandel sedikit bengkak dan memerah, serta rasa seperti terbakar di tenggorokan maka Anda harus segera mencari solusi untuk mengatasi radang tenggorokan. Obat herbal bisa menjadi pilihan bijak untuk perawatan di rumah. Berikut beberapa jenis obat radang tenggorokan herbal alami untuk mengatasi masalah tersebut.

  1. Kumur Air Garam

Ini menjadi pilihan yang paling tepat dan efektif untuk meringankan gejala radang tenggorokan. Air garam akan membantu mengurangi pembengkakan pada tenggorokan serta mencairkan lendir yang mengganjel dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Selain itu, kandungan zatn antibakteri pada garam juga bisa menekan bakteri agar tidak berkembang dan menyebabkan iritasi. Anda bisa mencampur 1 sendok garam dengan air hangat. Tunggu hingga larut dan gunakan untuk kumur. Diamkan sejenak dan Anda akan merasakan khasiatnya langsung.

  1. Campuran Susu & Kunyit

Kunyit dikenal sebagai salah satu bahan penyedap makanan yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Dalam kasus ini, kunyit yang mengandung zat anti inflamasi bisa membantu mengurangi rasa terbakar dan gatal di tenggorokan. Anda bisa menggunakan kunyit bubuk ataupun menghancurkan beberapa ruas kunyit. Lalu mengambil sarinya dan mencampurkannya pada satu gelas susu murni yang hangat.

  1. Teh, Madu, dan Lemon

Ini merupakan obat radang tenggorokan paling komplit yang bisa diracik sendiri di rumah. Teh kaya akan antioksidan yang bisa mengembalikan sistem kekebalan tubuh kita. Sedangkan madu dikenal sejak zaman nabi sebagai obat dan makanan yang memiliki gizi tinggi. Lemon sendiri mengandung banyak vitamin C yang bisa membantu proses penyembuhan suatu penyakit. Dan ketika ketiga bahan tersebut berkumpul menjadi satu, maka radang tenggorokan akan hilang seketika. Larutan ini cocok untuk dikonsumsi setiap hari selama radang tenggorokan. Selain khasiat dan kandungannya, campuran ketiga bahan tersebut juga enak diminum secara rutin.

  1. Bawang Putih Mentah

Dari sekian banyak pilihan obat herbal untuk mengatasi radang tenggorokan, bawang putih mentah bisa menjadi opsi paling ekstrim. Bawang putih dikenal dengan aroma dan rasa yang khas. Jika diolah dalam bumbu masakan, maka aromanya akan menggugah selera. Tapi jika dikonsumsi mentah, dibutuhkan nyali yang besar karena rasanya yang tidak enak. Bawang putih memang memiliki senyawa anti inflamasi yang bisa menghilangkan virus di dalam tubuh. Anda pun cukup mengkonsumsi 1 butir bawang putih mentah untuk menghilangkan rasa nyeri pada tenggorokan.

Keempat obat herbal tersebut efektif dalam meringankan gejala akibat radang tenggorokan. Selain itu Anda juga diharuskan mengkonsumsi air putih sebanyak mungkin agar tubuh tidak kehilangan cairan. Dengan demikian tubuh tidak dehidrasi dan Anda bisa terhindar dari gejala flu lain yang sering menyertai.

Tips Mengobati Radang Tenggorokan pada Anak

Penanganan radang tenggorokan pada anak tentu berbeda dengan orang dewasa. Untuk anak di bawah 12 tahun, Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengobati radang tenggorokan.

  • Teh Camomile

Anda bisa menyeduh teh Camomile yang memiliki aroma khas. Biarkan anak untuk menghirup uap the tersebut untuk membantu meringankan gejala flu. Saat minuman sudah hangat, minum teh tersebut agar tenggorokan terasa lega.

  • Air Jahe

Pilihan lain untuk mengobati radang tenggorokan pada anak bisa dilakukakan dengan mengkonsumsi air jahe hangat. Jahe memiliki rasa dan aroma yang khas. Minuman ini juga bisa membantu meringankan rasa tidak nyaman pada tenggorokan si kecil.

  • Jus Pisang

Sebenarnya jus pisang direkomendasikan untuk mengobati radang tenggorokan pada ibu hamill. Tapi cara ini juga bisa digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan untuk anak. Jus pisang juga mengenyangkan, mudah ditelan, dan mengandung kalium yang tinggi.

Ketiga obat sakit tenggorokan yang ampuh tersebut bisa membantu meringankan radang tenggorokan pada anak. Namun jika kondisi anak semakin menurun dan radang tenggorokan tak juga hilang, sebaiknya bawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan memberikan antibiotic dan pereda nyeri untuk mengatasi rasa sakit tersebut secara efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *