Tips Mengobati Asam Lambung Naik dengan Obat Herbal Alami

Waspadai Asam Lambung yang Naik

Rasa nyeri pada bagian perut kerap dianggap sebagai masalah sepele. Akan tetapi, jika rasa nyeri tersebut terjadi secara berulang dan terus menerus, ada baiknya Anda mulai memperhatikan tanda-tanda rasa sakit tersebut. Rasa nyeri pada bagian ulu hati yang dibarengi dengan rasa panas di bagian dada hingga tenggorokan bisa menjadi pertanda bahwa Anda memiliki masalah asam lambung. Selama ini banyak orang yang menganggap bahwa asam lambung dan GERD merupakan masalah yang sama. Akan tetapi, seseorang dianggap terkena GERD jika mengalami rasa nyeri secara terus menerus dalam kurun waktu 2 minggu. Jika rasa nyeri terjadi dalam frekuensi yang sedikit, maka Anda kemungkinan hanya memiliki masalah asam lambung saja.

Meski masalah asam lambung naik bukan merupakan jenis penyakit yang berbahaya, namun kondisi ini kerap membuat penderitanya tersiksa karena nyeri yang dirasakan. Masalah ini bisa terjadi jika jumlah produksi asam lambung berlebihan sehingga otot cincin lambung tidak bisa menahan cairan berlebih tersebut sehingga naik ke tenggorokan. Tidak heran jika penderita asam lambung kerap merasakan rasa nyeri terbakar di bagian tenggorokan akibat asam lambung yang naik ke saluran tersebut. Alhasil, rasa sakit pun kerap dibarengi dengan mual dan mulut yang terasa asam.

Pada dasarnya, asam lambung merupakan salah satu senyawa yang diproduksi oleh tubuh kita untuk membantu proses pencernaan. Asam lambung sendiri berfungsi sebagai cairan lubrikan untuk menghancurkan makanan sehingga sari-sari makanan dan mineral bisa diserap tubuh dengan sempurna. Dalam ilmu kimia, asam lambung yang memiliki kode HCl ini bersifat asam. HCl juga berfungsi sebagai pembunuh kuman (disinfektan) dan mengubah pepsinogen menjadi pepsin. Jadi secara logika, Anda hanya bisa mengurangi produksi asam lambung agar proses pencernaan makanan berjalan secara normal dan tidak menimbulkan efek nyeri.

Baca juga : Penyebab Penyakit TBC dan Proses Pengobatan TBC selama 6 Bulan

Mengapa Asam Lambung Harus Segera Ditangani?

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, asam lambung bukanlah penyakit berbahaya. Akan tetapi, jika tidak segera ditangani dengan baik, masalah ini bisa menjadi penyebab komplikasi serius yang akan mempengaruhi kesehatan tubuh kita dalam jangka yang panjang. Berikut beberapa resiko dan komplikasi yang kerap diakibatkan oleh asam lambung yang terlalu tinggi.

  1. Esofagitis

Cairan asam lambung yang keluar dari lambung dan naik ke mulut bisa membuat terjadinya peradangan pada esofagus. Esofagus merupakan nama medis dari kerongkongan, yakni sebuah tabung sebagai tempat menyalurkan makanan yang telah dikunyah oleh mulut dan mengalirkannya ke lambung. Jika terjadi peradangan pada esofagus, maka penderita akan kesulitan dan nyeri untuk menelan makanan. Dalam kasus yang lebih parah, penderita bisa mengalami pendarahan di bagian tersebut.

  1. Strictures

Ini merupakan jenis kerusakan yang membuat bekas luka pada kerongkongan sulit sembuh. Jika terjadi Strictures, maka makanan yang telah ditelah bisa tersangkut di kerongkongan. Akibatnya, penderita bisa tersedak atau muntah.

  1. Esofagus Barrett

Ini merupakan kondisi yang lebih parah dari dua resiko yang disebabkan oleh asam lambung sebelumnya. Paparan yang terjadi terus menerus bisa menyebabkan perubahan sel dan jaringan yang ada pada esofagus. Perubahan tersebut bisa berkembang menjadi sel kanker dan membuat masalah kesehatan semakin rumit.

Setelah mengetahui 3 resiko komplikasi yang bisa terjadi jika memiliki masalah asam lambung, ada baiknya Anda mulai waspada dengan masalah yang satu ini. Pastikan Anda mengetahui gejala asam lambung secara umum seperti muntah, mual, perut terasa kembung, rasa asam pada bagian belakang mulut, tenggorokan terasa perih, nyeri di bagian dada saat berbaring di malam hari, cegukan terus menerus, hingga batuk yang dibarengi dengan suara serak.

Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

Jika Anda sudah mengalami beberapa gejala tersebut, ada baiknya untuk mengetahui beberapa makanan penyebab asam lambung. Berikut ulasan lengkapnya!

  1. Minuman Karbonasi dan Mengandung Kafein

Jika Anda kerap mengkonsumsi minuman karbonasi, maka Anda harus segera mengganti kebiasaan tersebut. Minuman yang mengandung soda dan berkarbonasi bisa memicu asam lambung naik. Selain itu, kafein yang terkandung pada kopi juga bisa memicu reaksi produksi asam lambung berlebih.

  1. Gorengan

Sulit rasanya untuk menghindari makanan yang digoreng. Namun jika Anda tidak mau memiliki resiko asam lambung, maka Anda harus menghindari gorengan. Selain memicu asam lambung, gorengan juga bisa memicu kolesterol meningkat.

  1. Susu dengan Lemak Tinggi

Pada dasarnya, semua makanan yang mengandung lemak bisa menyebabkan asam lambung. Produk olahan Dairy lain seperti keju, mentega, dan yogurt bisa memicu terjadinya asam lambung. Ada baiknya untuk mengganti produk susu rendah lemak yang lebih ramah bagi pencernaan kita.

  1. Daging Berlemak

Daging merupakan jenis makanan yang sulit dicerna karena lambung membutuhkan proses yang lama untuk memecah lemak pada daging. Proses pencernaan yang lama bisa memicu produksi asam lambung berlebih sehingga perut terasa ngilu.

Dengan menghindari beberapa jenis makanan tersebut, produksi asam lambung akan terkontrol dan masalah ini bisa diatasi dengan baik. Selain itu, Anda bisa mencoba beberapa obat tradisional asam lambung sebelum memilih obat-obatan apotek.

Wedang Jahe Obat Herbal Asam Lambung

Obat Herbal Asam Lambung

Tak perlu repot dalam mencari obat herbal untuk mengatasi asam lambung naik, beberapa makanan di sekitar kita terbukti ampuh dalam mengatasi masalah ini.

Jahe

Tanaman ini dikenal bisa memberikan rasa hangat pada perut kita. Selain itu, Jahe juga memiliki sifat anti inflamasi alami sehingga cocok untuk meredakan radang pada kerongkongan. Campurkan sedikit jahe pada teh atau seduh dengan air hangat, lalu konsumsi secara rutin untuk meredakan asam lambung.

Lidah Buaya

Kandungan serat alami dan air pada lidah buaya membuat tanaman ini dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi masalah pencernaan. Tak hanya membantu meredakan asam lambung, lidah buaya juga bisa membantu perawatan penyakit GERD.

Putih Telur

Putih telur kaya akan magnesium, kalium, sodium, kalsium, serta kolesterol jenuh yang lebih sedikit dibandingkan dengan kuning telur. Anda bisa mengkonsumsi rebusan putih telur sebagai tambahan asupan makanan untuk asam lambung.

Sayur Mayur

Sayuran berwarna hijau seperti bayam, brokoli, seledri, hingga kacang hijau mengandung asam yang lebih sedikit dan mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral dari sayuran juga akan memperkuat imun tubuh kita dalam melawan penyakit.

Selain memilih obat herbal asam lambung, Anda pun bisa mencari alternatif lain dengan membeli obat asam lambung di apotek yang dijual bebas tanpa resep dokter. Beberapa obat seperti Antasida, H-2 Receptor Blockers, hingga Proton Pump Inhibitors (PPIs) bisa membantu mengatasi asam lambung secara efektif.

Namun jika masalah asam lambung terus terjadi, alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter agar bisa ditangani secara tepat. Tidak ada kata terlambat untuk mengatasi asam lambung naik sebelum masalah kesehatan ini mengancam hidup Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *