Tips Tubuh Sehat dan Bugar Saat Puasa Ramadan

pola makan sehat selama puasa

Puasa biasa diidentikan dengan dehidrasi atau rasa lemas yang dialami oleh seseorang yang melakukan aktivitas sepanjang hari, namun tak perlu khawatir karena anda akan tetap sehat dalam melakukan aktivitas meski sedang menjalani puasa ramadhan.

Bagi anda yang menggunakan puasa sebagai alasan untuk tidak bersemangat tentu hal ini tidak baik, banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk sehat dan bugar sepanjang hari.

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Puasa

  • Minum Air yang Cukup

Berpuasa selama 13 hingga 14 jam lamanya tentu bisa membuat anda merasa sangat haus, namun anda bisa mencegah rasa haus yang berlebih atau mencegah dehidrasi dengan memenuhi asupan cairan yang cukup. Pastikan anda mengkonsumsi air sebanyak 8 gelas atau 1,5 liter selama malam hari hingga waktu sahur.

  • Konsumsi Makanan Bernutrisi

Konsumsi makanan bernutrisi memang sangat penting, hal ini tentu bisa untuk menjaga kesehatan anda selama ramadhan, pastikan anda mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, makanan mengandung protein yang sehat dari telur atau daging tanpa lemak. Konsumsi serat dari sayur juga bisa membantu anda menahan rasa lapar saat berpuasa seharian.

  • Kurangi Makanan Berlemak atau Digoreng

Gorengan atau makanan yang digoreng biasanya menjadi salah satu santapan yang menjadi andalan saat berbuka puasa, hampir setiap hari gorengan selalu tersedia dalam menu berbuka puasa. Sebaiknya anda menghindari atau mengurangi aspan makan yang digoreng atau berlemak lainnya, tentu makanan yang digoreng dapat meningkatkan kolesterol anda, selain itu makanan yang berlemak bisa juga memperlambat proses pencernaan anda. Keadaan ini dapat memicu penyakit sembelit, meskipun makanan yang mengandung lemak diperlukan tubuh, namun anda tetap harus membatasi asupannya. Selanjutnya perlu juga diimbangi dengan asupan serat dari buah dan sayur.

Baca juga : Cara Kurangi Porsi Makan Untuk Diet Tanpa Lapar

  • Tidak Beraktifitas Berlebihan

Khusus bagi anda yang bisa mengurangi aktifitas sehari-hari, sebaiknya anda mengurangi tingkat aktifitas yang berlebihan untuk menjaga energi selama berpuasa.

  • Menjaga Waktu Tidur

Waktu tidur yang direkomendasikan bagi orang dewasa yaitu 9 jam, namun bagi anda yang rutin makan sahur, pastikan untuk tidak langsung tidur setelah makan sahur karena tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan terlebih dahulu setelah anda makan.

  • Olahraga dan Hindari Stres

Mungkin ada sebagian dari anda yang mengurangi olahraga atau bahkan meninggalkannya saat bulan ramadhan, sebaiknya anda berolahraga secara rutin dan pilihlah waktu olahraga saat malam hari. Olahraga ringan seperti berjalan selama 20 sampai 30 menit dapat anda lakukan agar tubuh tetap sehat sepanjang hari, selanjutnya anda juga harus menghindari stres. Stres tidak hanya mempengaruhi pikiran anda, namun ini bisa berdampak buruk terhadap usus karena berpotensi menimbulkan penyakit radang usus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *