Ubah Kebiasaan Pagi untuk Menurunkan Berat Badan secara Instan

proses penurunan berat badan

Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menurunkan berat badan, ada yang melalui jalan diet ataupun melalui jalan medis. Namun apakah ada cara lain yang dapat membantu menurunkan berat badan anda? Untuk menurunkan berat badan, ada banyak cara yang bisa kita lakukan dan setiap orang memilki cara yang berbeda-beda untuk menurunkan berat badannya.

Banyak orang yang menurunkan berat badan dengan mengurangi porsi makan hingga menghentikan salah satu waktu makannya atau hingga membuat tubuh merasa sangat lapar diwaktu tertentu. Sebenarnya menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan cara merubah kebiasaan pada waktu pagi hari.

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

  • Mendapatkan Sinar Matahari Pagi yang Cukup

Untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup, anda bisa melakukannya dengan berbagai cara, misalnya membuka tirai jendela kamar atau jalan-jalan di sekitar rumah pada pagi hari. Karena paparan sinar matahari dapat memenuhi kebutuhan vitamin D anda, beberapa penelitian menemukan bahwa memenuhi kebutuhan vitamin D dapat membantu menurunkan berat badan serta mencegah kenaikan berat badan.

Sebuah penelitian yang melibatkan 218 wanita dengan berat badan berlebih serta mengkonsumsi suplemen vitamin D selama 1 tahun. Hasilnya rata-rata dari mereka memenuhi asupan vitamin D yang disarankan serta mengalami penurunan berat badan sebanyak 3,2 Kg. Jumlah paparan sinar matahari berbeda-beda untuk setiap orang dan tergantung dari jenis kulit, musim, ataupun lokasi anda berada. Namun rata-rata seseorang sebaiknya terpapar sinar matahari pagi selama 10-15 menit.

  • Cukup Tidur

Sebuah penelitian menemukan bahwa ketika seseorang kurang tidur, maka akan meningkatkan rasa lapar serta akan lebih menginginkan makanan yang berkalori atau berkarbohidrat tinggi. Untuk mengatasinya, anda bisa memulai mengatur jadwal tidur dan sebaiknya anda juga tidur selama 8 jam setiap malamnya.

  • Gunakan Transportasi Umum

Selain membantu lingkungan anda, kebiasaan ini dapat juga membantu tubuh anda sendiri. Bagi anda yang lebih sering menggunakan kendaraan pribadi tentu akan lebih menghabiskan waktu utnuk duduk daripada berdiri, dengan begitu sebaiknya anda mengurangi penggunaan transportasi pribadi dan mukai beralih menggunakan transportasi umum. Ketika anda menggunakan transportasi umum seperti kerata atau bus, maka anda akan memiliki waktu berjalan selama beberapa menit setiap harinya. Hal itulah yang akan mempengaruhi penurunan berat badan anda.

  • Membawa Bekal dari Rumah

Mungkin sebagian dari anda sudah jarang untuk membawa bekal makan siang dari rumah, namun sebenarnya mengkonsumsi makanan rumah lebih bisa mebantu mengurangi berat badan, serta meningkatkan kualitas diet yang baik bagi anda. Mengkonsumsi sebanyak 5 kali per minggu makan makanan rumah dapat membantu menurunkan berat badan kita sebanyak 28%.

Baca juga : Cara untuk Atasi Mual Saat Hamil dengan Mudah

  • Minum Air Lebih Banyak saat Pagi Hari

Minum air sebanyak 1 hingga 2 gelas saat pagi hari dapat membantu anda menurunkan berat badan dan juga dapat meningkatkan energi tubuh. Sebuah studi mengungkapkan bahwa wanita dengan kelebihan berat badan yang mengkonsumsi air hingga lebih dari 1 liter per hari akan kehilangan berat badannya sebanyak 1 Kg selama 1 tahun, jadi mulailah minum air putih di pagi hari dengan tujuan menjaga tubuh anda agar tetap terhidrasi dan membantu anda menurunkan berat badan.

  • Konsumsi Makanan Berprotein Tinggi saat Sarapan

Makan sarapan berprotein tinggi dapat membantu mengurangi rasa lapar dan membantu menurunkan berat badan anda, dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 20 orang wanita yang mengkonsumsi makanan dengan tinggi protein, didapatkan bahwa nafsu makan mereka menjadi lebih berkurang setelahnya, dan ternyata protein juga membantu menurunkan berat badan dengan menurunkan hormon rasa lapar atau ghrelin yang berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *