Waspada Alergi Kucing Terhadap Kesehatan Tubuh

toksoplasma

Mungkin anda sudah tidak asing dengan istilah alergi, alergi memiliki banyak jenis seperti alergi debu, tungau, makanan dan sebagainya. Namun pernahkah anda mendengar tentang alergi kucing? Ini menjadi salah satu masalah yang bisa dialami oleh siapa saja, lalu mengapa seseorang bisa mengalami alergi kucing?

Salah satu penyebab yang membuat anda mengalami alergi yaitu karena faktor genetik, jika keluarga anda mengalami alergi dan dalam kasus ini adalah alergi kucing, maka alergen dapat berasal dari bulu kucing, air liur, hingga air seni yang dihasilkan oleh kucing. Menyentuh atau menghirup bulu kucing juga dapat menyebabkan seseorang yang mederita alergi akan memicu timbulnya reaksi karena adanya partikel alergen hewan dapat menempel pada pakaian, sirkulasi udara, menetap di perabotan hingga tempat tidur.

Seseorang yang mengalami alergi kucing tidak selalu mengalami reaksi alergi meskipun menyentuh bulu kucing, keadaan ini terjadi jika alergen atau tingkat sensifitas anda rendah. Gejala yang timbul akibat alergi kucing diantaranya terjadi pembengkakan dan gatal pada selaput di sekitar mata dan hidung anda, hal ini juga akan membuat mata meradang dan hidung anda menjadi tersumbat. Gejala lainnya yang bisa terjadi yaitu munculnya ruam pada wajah, leher atau dada bagian atas.

Baca juga : 5 Kandungan Skincare Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Jika alergi masuk ke paru-paru, maka dapat menyebabkan terjadinya batuk dan kesulitan bernapas hingga mengi, alergi kucing juga bisa menyebabkan serangan asma akut dan dapat menjadi pemicu asma kronis. Jika anda sudah mengetahui bahwa anda mengalami alergi kucing, hal terbaik yang harus anda lakukan yaitu dengan menghindari pemicu alergen.

Ketika rekasi alergi sudah terlanjur anda alami maka tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membantu meringankan gejala tersebut, diantaranya anda bisa menggunakan semprotan hidung, mendapatkan suntikan alergi, hingga mengkonsumsi obat-obatan.

Untuk mencegah reaksi terhadap kucing, anda bisa melakukan beberapa cara misalnya dengan segera mencuci tangan setelah memegang kucing, gunakan pembersih udara di rumah anda, menjaga kelembapan udara, dan gunakan masker ketika membersihkan bulu kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *